Makalah Manajemen Pemasaran Era Rev.Idustri4

MAKALAH MANAJEMEN PEMASARAN ERA REV.INDUSTRI4
PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL DAN TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL
( Npm Ganjil )
Dosen : Sri Kurniasih Agustin


Disusun Oleh:
Nama         : Dyah Ayu M Z           
Npm           : 12216231
Kelas          : 4EA27




PROGAM STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2019
Kata Pengantar
Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan kasihNya, atas anugerah hidup dan kesehatan yang telah saya terima, serta petunjukNya sehingga saya diberikan kemampuan dan kemudahan dalam penyusunan Makalah Manajemen Pemasaran Era Rev.Industri4.
Saya menyadari bahwa makalah ini masih belum cukup baik, saya menyadari masih banyak kekurangan yang terdapat dalam  makalah ini. Saya juga menyadari bahwa saya masih banyak mempunyai keterbatasan pengetahuan dalam materi, sehingga menjadikan keterbatasan bagi saya pula untuk memberikan penjelasan yang lebih dalam tentang masalah ini, oleh karena itu saran dan kritik yang membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan karya tulis ini.
Akhir kata, saya mohon maaf sebesar-besarnya bila terdapat kekurangan dan kesalahan. semoga makalah ini membawa manfaat bagi kita dan juga dapat menambah pengetahuan kita agar dapat lebih luas lagi.





Bekasi, 9 Oktober 2019









DAFTAR ISI
COVER.............................................................................................................................. i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang..................................................................................................... 1
1.2  Rumusan masalah................................................................................................. 2
1.3  Tujuan Masalah.................................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN
2.1Perencanaan Pemasaran Global............................................................................. 3
2.2Tahap – Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional.................................... 5

BAB III PENUTUP
3.1 Kesimpulan.......................................................................................................... 7

DAFTAR PUSTAKA










BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang
Kita sekarang ini hidup di dalam pasar global. Coba anda perhatikan sekarang, apa yang anda pakai, mungkin berasal dari luar negeri, seperti lampu, komputer, televisi, jam tangan dan lainnya. Anda mendengarkan musik rock yang diputar dari compact disk buatan Philips (Belanda), anda pergi rekreasi ke taman hiburan dan dijalan mampir ke McDonald untuk makan. Kesemuanya itu menunjukkan bahwa kita sekarang sudah memasuki perekonomian yang bersifat global.
Perekonomian dunia telah mengalami revolusi sepenuhnya hanya dalam jangka waktu 150 tahun.
Definisi pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya (manusia, uang dan asset fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan menanggapi ancaman pasar global.
Sebuah perusahaan yang gagal  untuk merambah ke pasar global menghadapi bahaya kehilangan pasar domestik dari pesaingnya yang mempunyai biaya lebih rendah, mempunyai pengalaman lebih banyak, memproduksi barang lebih baik dan secara keseluruhan, lebih berharga bagi pelanggan.
Dasar dari keberhasilan program pemasaran global adalah pemahaman yang mendalam akan disiplin pemasaran. Pemasaran adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber daya dan sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan lingkungan.
Dalam decade terakhir konsep pemasaran telah berubah secara dramatis. Konsep pemasaran telah berkembang dari konsep semula, yang memfokuskan pemasaran pada produk dan pada membuat produk yang ‘lebih baik’,  dengan ‘lebih baik’  itu didasarkan pada standar dan nilai internal. Tujuannya adalah laba dan cara mencapainya adalah menjual atau membujuk pelanggan potensial untuk membelinya.

1.2    Rumusan Masalah
1.      Apakah Perencanaan Pemasaran Global ?
2.      Apakah Tahap – Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional ?

1.3    Tujuan Masalah
1.      Untuk mengetahui perencanaan pemasaran Global.
2.      Untuk mengetahui tahap – tahap pengembangan perusahaan transnasional.

  

BAB II
PEMBAHASAN

2.1    Perencanaan Pemasaran Global
Beberapa Konsep Kunci
Ada 6 konsep kunci yang memberi dukungan ke arah pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan tantangan dari pemasaran global. Konsep tersebut adalah strategi, perusahaan di Dunia, Pengelompokkan, segmentasi dan target pemasaran, kepekaan lingkungan, pengaruh yang mempersatukan dan membedakan, daur hidup produk/pasar, model daur perdagangan produk.
A.    Strategi
Strategi telah didefinisikan sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari lingkungan bisnis.
Tahap – Tahap Pada Proses Perumusan Strategi
Tahap ke-1Penilaian kesempatan, ancaman dan kecendrungan dlm lingkungan
Tahap ke-2 Menentukan tujuan dan sasaran 
Tahap ke-3 :  Proses identifikasi kekuatan yang mendorong bisnis
Tahap ke-4 :  Persiapan Rencana dan Program Terpadu dalam setiap bidang fungsional bisnis. 
Tahap ke-5 :  Implementasi Rencana..
Tahap ke-6 :  Pengendalian

B.     Perusahaan di Dunia.
Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan dari pemasaran domestik.
Pertama adalah konteks atau lingkungan pemasaran global. Ditengahnya ada perusahaan yang didefinisikan dengan 4 dimensi utama, yaitu produk, pasar yg dilayani, sumber daya dan keterampilan.

C.    Pengelompokkan, Segmentasi dan Target Pemasaran
Karakteristik pasar nasional di seluruh dunia berbeda cukup besar dalam banyak dimensi kunci. Karakteristik pasar lain yang penting adalah ukuran luasnya.
Geografi adalah criteria pengelompokan dengan makna yang besar. Negara yang saling berdekatan mempunyai beberapa persamaan. Jadi kita mempunyai pasar Amerika Utara, pasar Eropa, dan pasar kawasan Pasifik.
Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang membedakan pasar. Dalam industri media, hal ini amat signifikan. Dunia dibagi-bagi ke dalam kelompok atau segmen bahasa : Mandarin, Inggris, Spanyol, dan lainnya. Berbagai Negara dapat dikelompokkan ke dalam segmen bahasa dan budaya yang melintasi batas geografi, pendapatan dan ukuran.
D.    Kepekaan Lingkungan
Suatu cara yang paling berguna utk melihat produk secara internasional adalah menempatkannya dalam rangkaian kepekaan lingkungan. Di salah satu ujung dari rangkaian terletak produk yang tidak peka terhadap lingkungan, yang tidak memerlukan penyesuaian besar terhadap lingkungan ekonomi dan sosial dari pasar di seluruh dunia. Di ujung yang lain dari rangkaian tadi terletak produk yang amat sensitif pada perbedaan dalam faktor ekonomi, sosialbudaya, fisik, dan pemerintah di pasar dunia.
E.     Pengaruh yang mempersatukan dan membedakan
Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang menyatukan.Apabila analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa, hsilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan akan terlalu standar atau terlalu berbeda.
F.     Daur hidup Produk/Pasar
Daur hidup pasar adalah konsep yang berkaitan. Pasar ada tahap awalnya, tahap pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Sebuah perusahaan yang berkecimpung dalam pemasaran global akan mengetahui bahwa tidak semua pasar berada pada tahap perkembangan yang sama..

2.2  TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL
Ada 5 tahap dalam evolusi perusahaan transnasional, yaitu : Domestik, Internasional, Multinasional, Global dan Transnasional. Tahap ini menggambarkan perbedaan signifikan dalam strategi, cara memandang dunia, orientasi dan praktek perusahaan yang berkecimpung di lebih dari satu Negara. Salah satu perbedaan kunci dalam perusahaan di berbagai tahap ini adalah orientasi mereka.
Tahap ke-1 :   Domestik
Perusahaan tahap 1 adalah domestic dalam hal focus, visi dan operasinya.Orientasinya adalah etnosentris. Perusahaan ini memfokuskan pada pasar, pemasok dan pesaing domestik.
Tahap ke-2 :   Internasional
Perusahaan tahap 2 memperluas pemasaran, prabrik, dan kegiatan lain di luar negeri.
Tahap ke-3 :   Multinasional
Fokus dari perusahaan tahap 3 adalah multinasional atau dalam istilah strategi disebut multidomestik (artinya perusahaan itu merumuskan strategi yang unik untuk setiap Negara tempat perusahaan itu melakukan bisnis).Orientasi dari perusahaan ini bergeser dari etnosentris menjadi polisentris.Orientasi polisentris adalah asumsi bahwa pasar dan cara melakukan bisnis di seluruh dunia demikian unik, sehingga satu-satunya cara agar sukses secara internsional adalah melakukan penyesuaian pada aspek yang berbeda dari setiap pasar nasional Strategi pemasaran tahap 3 adalah menyesuaikan bauran pemasaran domestic agar cocok dengan pilihan dan kebiasaan asing.
Tahap ke-4 :   Global
Strategi perusahaan global tahap 4 adalah memenangkan strategi bila sebuah perusahaan dapat menciptakan keunggulan bersaing dengan membatasi globalisasi dari rantai nilai.
Tahap ke-5 :   Transnasional
Perusahaan pada tahap 5 ini jauh lebih canggih daripada sekedar sebuah perusahaan dengan penjualan, investasi dan opeasi di banyak Negara. Perusahaan semakin lama semakin mendominasi pasar dan industri di seluruh dunia ini adalah sebuah perusahaan dunia terpada yang menghubungkan sumberdaya global dengan pasar global dan membuat laba.Tidak ada contoh perusahaan transnasiona yang ‘murni’, tetapi jumlah perusahaan, yang memperlihatkan banyak karakteristik dan beberapa lagi sebagaian besar karakteristik perusahaan global bertambah banyak



BAB III
PENUTUP
3.1  Kesimpulan
Sebuah perusahaan yang gagal  untuk merambah ke pasar global menghadapi bahaya kehilangan pasar domestik dari pesaingnya yang mempunyai biaya lebih rendah, mempunyai pengalaman lebih banyak, memproduksi barang lebih baik dan secara keseluruhan, lebih berharga bagi pelanggan.
Dasar dari keberhasilan program pemasaran global adalah pemahaman yang mendalam akan disiplin pemasaran.
Globalisasi adalah perkembangan yang paling signifikan dalam pemasaran di abad ini.  Kenyataan pasar global dan persaingan global mudah menyebar. Pemasaran adalah disiplin universal. Matakuliah ini memfokuskan pada penerapan disiplin pemasaran pada kesempatan dan tantangan dari pasar global. Kekuatan yang mendorong dunia kea rah globalisasi yang lebih besar, jauh  lebih kuat daripada kekuatan yang menghambat gerakan ini. Teori lama mengenai perdagangan internasional memfokuskan pada sumber daya alam dan pengukuran kasar dari factor produksi.



  

DAFTAR PUSTAKA

heru_p.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/40869/Manajemen+Pemasaran+Lanjut.doc
mpg03.ueuo.com/pertemuan_2.ppt

Komentar

Postingan populer dari blog ini

HAK DAN KEWAJIBAN INDIVIDU DALAM ORGANISASI

MAKALAH EKONOMI KOPERASI MINGGU 9 (JENIS DAN BENTUK KOPERASI)

TUGAS PENULISAN EKONOMI KOPERASI MINGGU 8 (POLA MANAJEMEN KOPERASI)