Makalah Manajemen Pemasaran Era Rev.Idustri4
MAKALAH
MANAJEMEN PEMASARAN ERA REV.INDUSTRI4
PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL DAN TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL
( Npm Ganjil )
Dosen : Sri Kurniasih Agustin
PERENCANAAN PEMASARAN GLOBAL DAN TAHAP-TAHAP PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL
( Npm Ganjil )
Dosen : Sri Kurniasih Agustin

Disusun
Oleh:
Nama
: Dyah Ayu M Z
Npm : 12216231
Kelas : 4EA27
PROGAM
STUDI MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2019
Kata Pengantar
Puji syukur saya
panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan kasih‐Nya, atas
anugerah hidup dan kesehatan yang telah saya terima, serta petunjuk‐Nya sehingga
saya diberikan kemampuan dan kemudahan dalam penyusunan Makalah Manajemen
Pemasaran Era Rev.Industri4.
Saya
menyadari bahwa makalah ini masih belum cukup baik, saya menyadari masih banyak
kekurangan yang terdapat dalam makalah
ini. Saya juga menyadari bahwa saya masih banyak mempunyai keterbatasan
pengetahuan dalam materi, sehingga menjadikan keterbatasan bagi saya pula untuk
memberikan penjelasan yang lebih dalam tentang masalah ini, oleh karena itu
saran dan kritik yang membangun selalu saya harapkan demi kesempurnaan karya
tulis ini.
Akhir kata,
saya mohon maaf sebesar-besarnya bila terdapat kekurangan dan kesalahan. semoga
makalah ini membawa manfaat bagi kita dan juga dapat menambah pengetahuan kita
agar dapat lebih luas lagi.
Bekasi, 9
Oktober 2019
DAFTAR
ISI
COVER.............................................................................................................................. i
KATA PENGANTAR...................................................................................................... ii
DAFTAR ISI..................................................................................................................... iii
BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang..................................................................................................... 1
1.2 Rumusan
masalah................................................................................................. 2
1.3 Tujuan
Masalah.................................................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN
2.1Perencanaan
Pemasaran Global............................................................................. 3
2.2Tahap –
Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional.................................... 5
BAB III PENUTUP
3.1
Kesimpulan.......................................................................................................... 7
DAFTAR
PUSTAKA
BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1
Latar
Belakang
Kita
sekarang ini hidup di dalam pasar global. Coba anda perhatikan sekarang, apa
yang anda pakai, mungkin berasal dari luar negeri, seperti lampu, komputer,
televisi, jam tangan dan lainnya. Anda mendengarkan musik rock yang diputar
dari compact disk buatan Philips (Belanda), anda pergi rekreasi ke taman
hiburan dan dijalan mampir ke McDonald untuk makan. Kesemuanya itu menunjukkan
bahwa kita sekarang sudah memasuki perekonomian yang bersifat global.
Perekonomian
dunia telah mengalami revolusi sepenuhnya hanya dalam jangka waktu 150 tahun.
Definisi
pemasaran global adalah proses memfokuskan sumber daya (manusia, uang dan asset
fisik) dan tujuan-tujuan dari suatu organisasi untuk memperoleh kesempatan dan
menanggapi ancaman pasar global.
Sebuah
perusahaan yang gagal untuk merambah ke
pasar global menghadapi bahaya kehilangan pasar domestik dari pesaingnya yang
mempunyai biaya lebih rendah, mempunyai pengalaman lebih banyak, memproduksi
barang lebih baik dan secara keseluruhan, lebih berharga bagi pelanggan.
Dasar
dari keberhasilan program pemasaran global adalah pemahaman yang mendalam akan
disiplin pemasaran. Pemasaran adalah proses mengkonsentrasikan berbagai sumber
daya dan sasaran dari sebuah organisasi pada kesempatan dan kebutuhan
lingkungan.
Dalam
decade terakhir konsep pemasaran telah berubah secara dramatis. Konsep
pemasaran telah berkembang dari konsep semula, yang memfokuskan pemasaran pada
produk dan pada membuat produk yang ‘lebih baik’, dengan ‘lebih baik’ itu didasarkan pada standar dan nilai
internal. Tujuannya adalah laba dan cara mencapainya adalah menjual atau
membujuk pelanggan potensial untuk membelinya.
1.2
Rumusan
Masalah
1. Apakah
Perencanaan Pemasaran Global ?
2. Apakah
Tahap – Tahap Pengembangan Perusahaan Transnasional ?
1.3
Tujuan
Masalah
1. Untuk
mengetahui perencanaan pemasaran Global.
2. Untuk
mengetahui tahap – tahap pengembangan perusahaan transnasional.
BAB II
PEMBAHASAN
PEMBAHASAN
2.1
Perencanaan
Pemasaran Global
Beberapa Konsep Kunci
Ada 6 konsep kunci yang
memberi dukungan ke arah pemahaman yang lebih baik mengenai kesempatan dan
tantangan dari pemasaran global. Konsep tersebut adalah strategi, perusahaan di
Dunia, Pengelompokkan, segmentasi dan target pemasaran, kepekaan lingkungan,
pengaruh yang mempersatukan dan membedakan, daur hidup produk/pasar, model daur
perdagangan produk.
A. Strategi
Strategi
telah didefinisikan sebagai respon yang dipertimbangkan dari sebuah organisasi
pada kenyataan dari organisasi pihak yang berkepentingan dan kenyataan dari
lingkungan bisnis.
Tahap – Tahap Pada
Proses Perumusan Strategi
Tahap ke-1 : Penilaian kesempatan, ancaman dan kecendrungan dlm
lingkungan
Tahap ke-2 : Menentukan tujuan dan sasaran
Tahap ke-3 : Proses
identifikasi kekuatan yang mendorong bisnis
Tahap ke-4 : Persiapan
Rencana dan Program Terpadu dalam setiap bidang fungsional bisnis.
Tahap ke-5 : Implementasi
Rencana..
Tahap ke-6 : Pengendalian
B. Perusahaan di
Dunia.
Beberapa aspek pemasaran global memiliki perbedaan
dari pemasaran domestik.
Pertama adalah konteks atau lingkungan pemasaran
global. Ditengahnya ada perusahaan yang didefinisikan dengan 4 dimensi utama,
yaitu produk, pasar yg dilayani, sumber daya dan keterampilan.
C. Pengelompokkan,
Segmentasi dan Target Pemasaran
Karakteristik pasar nasional di seluruh dunia
berbeda cukup besar dalam banyak dimensi kunci. Karakteristik pasar lain yang
penting adalah ukuran luasnya.
Geografi adalah criteria pengelompokan dengan makna
yang besar. Negara yang saling berdekatan mempunyai beberapa persamaan. Jadi
kita mempunyai pasar Amerika Utara, pasar Eropa, dan pasar kawasan Pasifik.
Bahasa dan budaya adalah karakteristik lain yang
membedakan pasar. Dalam industri media, hal ini amat signifikan. Dunia
dibagi-bagi ke dalam kelompok atau segmen bahasa : Mandarin, Inggris, Spanyol,
dan lainnya. Berbagai Negara dapat dikelompokkan ke dalam segmen bahasa dan
budaya yang melintasi batas geografi, pendapatan dan ukuran.
D. Kepekaan Lingkungan
Suatu cara yang paling berguna utk melihat produk
secara internasional adalah menempatkannya dalam rangkaian kepekaan lingkungan.
Di salah satu ujung dari rangkaian terletak produk yang tidak peka terhadap
lingkungan, yang tidak memerlukan penyesuaian besar terhadap lingkungan ekonomi
dan sosial dari pasar di seluruh dunia. Di ujung yang lain dari rangkaian tadi
terletak produk yang amat sensitif pada perbedaan dalam faktor ekonomi,
sosialbudaya, fisik, dan pemerintah di pasar dunia.
E. Pengaruh yang mempersatukan dan
membedakan
Aspek unik mempunyai pengaruh yang membedakan; aspek serupa memberikan pengaruh yang menyatukan.Apabila
analisis sebuah pasar hanya memfokuskan pada aspek yang unik atau yang serupa,
hsilnya adalah analisis sepihak, akhirnya program pemasaran yang dikembangkan
akan terlalu standar atau terlalu berbeda.
F. Daur hidup Produk/Pasar
Daur hidup pasar adalah konsep yang berkaitan. Pasar
ada tahap awalnya, tahap pertumbuhan, kedewasaan dan penurunan. Sebuah
perusahaan yang berkecimpung dalam pemasaran global akan mengetahui bahwa tidak
semua pasar berada pada tahap perkembangan yang sama..
2.2 TAHAP-TAHAP
PENGEMBANGAN PERUSAHAAN TRANSNASIONAL
Ada 5 tahap dalam evolusi perusahaan transnasional,
yaitu : Domestik, Internasional, Multinasional, Global dan Transnasional. Tahap
ini menggambarkan perbedaan signifikan dalam strategi, cara memandang dunia,
orientasi dan praktek perusahaan yang berkecimpung di lebih dari satu Negara.
Salah satu perbedaan kunci dalam perusahaan di berbagai tahap ini adalah
orientasi mereka.
Tahap ke-1 : Domestik
Perusahaan tahap 1 adalah domestic dalam hal focus,
visi dan operasinya.Orientasinya adalah etnosentris. Perusahaan ini memfokuskan
pada pasar, pemasok dan pesaing domestik.
Tahap
ke-2 : Internasional
Perusahaan tahap 2
memperluas pemasaran, prabrik, dan kegiatan lain di luar negeri.
Tahap
ke-3 : Multinasional
Fokus dari perusahaan tahap 3 adalah
multinasional atau dalam istilah strategi disebut multidomestik (artinya
perusahaan itu merumuskan strategi yang unik untuk setiap Negara tempat
perusahaan itu melakukan bisnis).Orientasi dari perusahaan ini bergeser dari
etnosentris menjadi polisentris.Orientasi polisentris adalah asumsi bahwa pasar
dan cara melakukan bisnis di seluruh dunia demikian unik, sehingga satu-satunya
cara agar sukses secara internsional adalah melakukan penyesuaian pada aspek
yang berbeda dari setiap pasar nasional Strategi pemasaran tahap 3 adalah
menyesuaikan bauran pemasaran domestic agar cocok dengan pilihan dan kebiasaan
asing.
Tahap
ke-4 : Global
Strategi perusahaan
global tahap 4 adalah memenangkan strategi bila sebuah perusahaan dapat menciptakan
keunggulan bersaing dengan membatasi globalisasi dari rantai nilai.
Tahap
ke-5 : Transnasional
Perusahaan pada tahap 5
ini jauh lebih canggih daripada sekedar sebuah perusahaan dengan penjualan,
investasi dan opeasi di banyak Negara. Perusahaan semakin lama semakin
mendominasi pasar dan industri di seluruh dunia ini adalah sebuah perusahaan
dunia terpada yang menghubungkan sumberdaya global dengan pasar global dan
membuat laba.Tidak ada contoh perusahaan transnasiona yang ‘murni’, tetapi jumlah
perusahaan, yang memperlihatkan banyak karakteristik dan beberapa lagi
sebagaian besar karakteristik perusahaan global bertambah banyak
BAB III
PENUTUP
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Sebuah perusahaan yang gagal untuk merambah ke pasar global menghadapi
bahaya kehilangan pasar domestik dari pesaingnya yang mempunyai biaya lebih
rendah, mempunyai pengalaman lebih banyak, memproduksi barang lebih baik dan
secara keseluruhan, lebih berharga bagi pelanggan.
Dasar dari keberhasilan program pemasaran global
adalah pemahaman yang mendalam akan disiplin pemasaran.
Globalisasi adalah perkembangan yang paling
signifikan dalam pemasaran di abad ini.
Kenyataan pasar global dan persaingan global mudah menyebar. Pemasaran
adalah disiplin universal. Matakuliah ini memfokuskan pada penerapan disiplin
pemasaran pada kesempatan dan tantangan dari pasar global. Kekuatan yang
mendorong dunia kea rah globalisasi yang lebih besar, jauh lebih kuat daripada kekuatan yang menghambat
gerakan ini. Teori lama mengenai perdagangan internasional memfokuskan pada
sumber daya alam dan pengukuran kasar dari factor produksi.
DAFTAR PUSTAKA
heru_p.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/40869/Manajemen+Pemasaran+Lanjut.doc
mpg03.ueuo.com/pertemuan_2.ppt
mpg03.ueuo.com/pertemuan_2.ppt
Komentar
Posting Komentar